Perawatan Sepeda Motor

Posted on 06.09 by adnan habsi

Setiap pengguna sepeda motor pasti berharap bisa mengendarainya untuk jangka panjang. Jadi akan lebih baik jika anda harus memperhatikan perawatan mesin. Karena kondisi mesin sepeda motor tergantung dari pemeliharaan dan kebiasaan pemiliknya dalam mengendarai. Tidak ada salahnya jika anda mencermati tips berikut ini untuk merawat mesin motor anda.
Tanda-tanda kerusakan. Biasanya setiap kerusakan pasti akan ada tanda-tanda terlebih dahulu, kecuali jika terjadi hal-hal yang menyimpang seperti kecelakaan. Untuk mengantisipasinya maka perhatikan apabila ada gejala yang tidak normal atau lain dari biasanya pada motor anda. Sikap demikian akan membantu dan memudahkan anda untuk mendeteksi kerusakan lebih dini.
Cermati kerusakan. Jika terjadi kerusakan mesin sebaiknya anda langsung lakukan perawatan dan perbaikan, jangan sampai anda tunda. Yang perlu anda ingat adalah jika anda tidak memahami tentang bongkar pasang mesin, jangan anda lakukan sendiri. Serahkan saja pada ahlinya karena jika anda lakukan sendiri hanya akan membuang waktu dan tenaga serta kerusakan motor anda akan semakin parah.
Kerusakan beruntun. Jika motor anda mengalami gejala kerusakan yang berturut-turut maka cara yang paling tepat adalah memeriksakan bagian-bagian yang mudah dicapai terlebih dahulu satu per satu barulah ke bagian-bagian lain. Atau anda bisa membawa motor anda ke bengkel agar lebih mudah mengenali kerusakan dan dapat diperbaiki dengan cepat.
Kerusakan kecil. Apabila terjadi kerusakan kecil di jalan seperti kerusakan pada mur, baut, kabel-kabel, kebocoran bensin atau oli yang tidak memerlukan pembongkaran mesin yang ruwet maka anda bisa melakukan perbaikan sendiri. Tapi kalau kerusakan yang terjadi mengakibatkan patahnya komponen utama dan memerlukan pembongkaran mesin anda harus membawanya ke bengkel service.
Jadi tidak sulit kan jika anda sudah mulai mencoba bersahabat dengan kendaraan sendiri. Karena semakin rutin anda melakukan perawatan motor maka semakin sedikit biaya yang akan anda keluarkan.

0 komentar:

Posting Komentar